Kamis, 28 Desember 2017

MENYONGSONG TAHUN BARU SEBAGAI ANAK-ANAK ALLAH

Mujizat dan berkat tampaknya tidak pernah lekang dicari orang. Sampai hari ini, tema-tema khotbah atau lebih tepatnya KKR banyak menawarkan dan menyajikan mujizat dan berkat. Ada mujizat kesembuhan, pemulihan keluarga, berkat usaha, kesuksesan, umur panjang dan sebagainya. Tentu bukan sesuatu yang keliru kalau orang mengharapkan hidup penuh mujizat dan diberkati. Bukankah dambaan setiap orang jika kantong tebal, badan sehat, pikiran waras dan punya banyak relasi? Namun, yang sering dilupakan adalah proses dalam mendapatkan itu semua. Ada yang menekuni dengan berjerih lelah sambil menjaga ketaatan kepada Tuhan. Sebaliknya, tidak sedikit yang hanya mengandalkan doa dan KKR dan dalam sekejap segalanya dapat berubah sesuai dengan yang dikehendakinya.

Dalam Perjanjian Lama, sumber berkat adalah Allah sendiri. Berkat Allah secara spesifik digambarkan dengan menganugerahkan keturunan yang akan menjadi bangsa yang besar dan kuat, kekayaan, tanah, kesehatan, dan kehadiran di tengah-tengah umat-Nya. Mereka yang berada "dekat" dengan Allah akan dilindungi. Berkat Tuhan memberikan gambaran tentang apa yang paling dibutuhkan oleh manusia, yakni suasana penuh perlindungan dan keamanan, kasih karunia, dan damai sejahtera, juga gambaran kasih Allah yang semakin lama semakin dalam.  Sayangnya, manusia cenderung dekat dengan Allah hanya karena ingin berkat dan mujizat-Nya. Akibatnya, Sang Pemberi berkat sering terabaikan. Orang menjadi lupa apa yang harus dilakukan  terhadap Sang Pemberi berkat itu.

Dalam Perjanjian Lama, secara khusus Allah telah memerintahkan Musa agar Harun dan keturunannya sebagai imam menyampaikan berkat-Nya. Dari sisi ini sangatlah jelas bahwa tidak usah diminta pun TUHAN menjamin berkat bagi umat-Nya. Ucapan berkat imam yang tercatat dalam Bilangan 6:24,25 terdiri dari tiga bagian. Pertama-tama, "TUHAN memberkati engkau dan melindungi engkau." DI sini tergambar bahwa Allah memelihara dan menjamin umat-Nya dengan penuh, baik apa yang dibutuhkan untuk keperluan kehidupan mereka maupun perlindungan dari segala sesuatu yang jahat. Kedua, "TUHAN menyinari engkau dengan wajah-Nya dan memberi engkau kasih karunia." Ini menyiratkan tanda bahwa TUHAN berkenan atas diri seseorang. Dengan demikian orang itu boleh merasa yakin bahwa Allah akan mendengar doa-doanya dan menyelamatkan dia dari musuh, penyakit dan dosa. Tidak ada satu pun kekuatan jahat yang tahan berhadapan dengan "SInar Wajah Allah". Berkat ketiga, "TUHAN menghadapkan wajah-Nya kepadamu dan memberi engkau damai sejahtera." Ini menyatakan manifestasi kuasa yang memelihara manusia untuk menjaganya dalam keadaan damai sehjatera, hidup dalam syalom Allah. Ketika Allah berkenan memandang seseorang, hal itu berarti Ia berkenan atas orang itu dan akan menyelamatkan dia dari segala kesukaran (bnd. Mzm.33:18; 34:16).

Dalam Perjanjian Lama, berkat TUHAN tidak dapat dipisahkan dari ketaatan manusia kepada-Nya. Artinya, berkat itu akan "mengalir" dalam kehidupan seseorang jika orang tersebut berlaku setia terhadap Allah. Sebagai tanda kesetiaan, umat mau dengan sukacita hidup dalam hukum-hukum-Nya. Allah telah melengkapi umat itu dengan Taurat, agar dengannya mereka belajar taat dan setia. Dahulu sekali, sebelum Taurat diberikan TUHAN kepada umat-Nya, sunat merupakan tanda dari ikatan perjanjian itu. Abram menerima janji-janji berkat dari TUHAN, sejak saat itu namanya menjadi Abraham dan kemudian ia diperintahkan untuk disunat. Selanjutnya, setiap anak laki-laki yang berumur delapan hari dari keturunannya turun-temurun harus disunat (Kejadian 17:1-27). Itulah tanda kesetiaan dari orang yang kepadanya Allah mengikat janji.

Ketaatan keturunan Abraham ini masih terlacak sampai orang tua Yesus; Yusuf dan Maria. Mereka menyunat dan memberi nama Anak mereka Yesus pada usia delapan hari (Lukas 2:21). Peristiwa ini menandakan bahwa inkarnasi: Firman yang menjadi Manusia itu total, tidak setengah-setengah. Yesus masuk menembus tradisi dan ketaatan manusia dalam ikatan perjanjian berkat dengan Allah. Dalam diri Yesus, Allah bukan hanya berada di antara manusia, melainkan benar-benar menjadi seorang manusia. Dalam penyunatan ini, Yesus Kristus mengidentifikasikan diri-Nya dengan umat manusia yang ditebus-Nya.

Lukas mengisahkan sunat Yesus dari sudut pandang seorang bukan Yahudi kepada seorang bukan Yahudi (dalam hal ini Teofilus), ceritanya, "sesudah delapan hari anak yang bernama Yesus itu disunat, dan sesudah empat puluh hari, ia dibawa ke dalam Bait Suci sebagai tanda bahwa Ia diserahkan kepada TUHAN Allah. Andaikata Lukas menulis untuk orang-orang Yahudi, mungkin saja penjelasannya seperti ini,"upacara tradisi itu memperlihatkan bahwa Yesus takluk kepada hukum Taurat." Sejak permulaan Dia telah memenuhi segala ketetapan  Taurat dan dengan demikian telah membebaskan kita dari Taurat itu (Galatia 4:4-5). Di dalam Surat Galatia ini, Paulus menyebutkan bahwa Yesus Kristus takluk kepada Hukum Taurat untuk "menebus mereka yang takluk kepada hukum Taurat." Hasil dari karya penebusan ini pun disebutkan dengan jelas; "kita diterima menjadi anak" (Gal.4:5b) dan dapat berseru kepada Allah, "ya Abba, ya Bapa" (Gal.4:6). Artinya, di dalam Yesus kita dapat melihat ketaatan-Nya sebagai Anak Tunggal Bapa yang berdampak tidak hanya memulihkan hubungan, melainkan lebih dalam, yakni hubungan yang sangat dekat (anak-Bapa). Sekaligus juga memberikan contoh dan teladan tentang ketaatan itu.

Di dalam Yesus Kristus kita menyapa Allah sebagai Bapa. Hal ini menandakan bahwa kita adalah anak-anak-Nya. Ya, anak-anak TUHAN! Lalu, apakah cukup hanya sekedar pengakuan dogmatis saja? Status anak bukan hanya penanda bahwa kita adalah pewaris segala kasih karunia-Nya. Melainkan, sebuah identitas yang menyiratkan ketaatan dan kesetiaan. Percuma saja kita mengaku dan yakin sebagai anak-anak TUHAN apabila tutur kata dan prilaku kita jauh dari apa yang dikehendaki Bapa! Tidak ada gunanya embel-embel anak TUHAN kalau iri, dengki, sombong dan arogan masih mewarnai kehidupan kita!

Dalam menyongsong tahun baru, jelas ada banyak tantangan. Namun, tidak sedikit juga harapan. Ya, harapan akan berkat-berkat TUHAN. Sejak dari zaman Perjanjian Lama, Allah telah menjamin berkat bagi kehidupan manusia. Berkat itu telah ada sebelum kita memintanya. Kini, giliran kita yang harus hidup penuh komitmen sebagai anak-anak Allah. Anak-anak yang semakin hari semakin banyak kemiripannya dengan Sang Bapa yang dicontohkan oleh Yesus Kristus. Permulaan tahun baru adalah saat yang tepat untuk kita membuat komitmen dan resolusi agar hidup sebagai anak-anak TUHAN lebih baik lagi. Songsonglah tahun baru dengan optimis sebagai anak-anak Allah! 

Jakarta,  jelang Tahun Baru 2018

1 komentar:

  1. PERMISI YAA BOSKU MAU NUMPANG PROMO NIH BOSKU :)


    Sering kalah bermain poker dan domino di poker online lain yaa bosku?

    Terbukti SaranaPelangi Murni 100% Tanpa Robot dan Tanpa Admin ikut Bermain.

    Tersedia 7 Permainan dalam 1 UserId : POKER - DOMINO - CAPSA SUSUN - ADUQ - BANDARQ - BANDAR POKER - SAKONG

    Ayo gabung di Agen Poker SaranaPelangi ini , Kamu akan merasakan sensasi nya menjadi jutawan setiap hari nya.

    SARANA PELANGI ADALAH SALAH SATUNYA AGEN JUDI DOMINO QQ , BANDAR POKER DAN BANDAR QIU QIU 99 TERPERCAYA SEASIA .

    Pelayanan yang Ramah, Cepat dan Online 24 Jam.

    Proses Deposit dan Withdraw Hanya 2 Menit .

    Untung dengan super bonus saranapelangi :

    -Bonus Referral hingga 20%
    -Bonus Cashback Hingga 0.5%

    Tunggu Apalagi Boskuu ?? Ayo Gabung Dan Rasakan Sensasi Menjadi Jutawan Boskuu !!


    Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami di www.saranapelangi.net atau melalui android kami.

    - BBM : 2B47BB9C
    - CALL : +855964972098
    - WEECHAT : saranapelangi
    - SKYPE : saranapelangi
    - EMAIL : saranapelangi99@yahoo.com
    - FACEBOOK : saranapelangi99@yahoo.com

    Link Alternatif Saranapelangi :

    - Saranapelangi.net
    - Saranapelangi.link
    - Saranapelangi.poker

    Silahkan di coba ya bosku :)

    www.saranapelangi.net

    # Pelayanan Online Service 24 Jam non stop dengan Staff Cs yang Ramah dan profesional
    # Kerahasiaan Data Member Di jamin Sangat Aman.
    # Proses Transaksi Deposit Dan Withdraw Super Cepat.
    # Permainan di Jamin FairPlay 100% tanpa Bot.
    # Berkesempatan memenangkan Jackpot Ratusan Juta Rupiah.
    # Dapat Bermain 7 Games Sekaligus Dalam 1 Id
    # Dapat Di mainkan Di android

    BalasHapus