Jumat, 16 September 2016

MEMAKAI UANG SECARA BERTANGGUNGJAWAB


Kemarin saya menyaksikan acara diskusi di salah satu saluran televisi swasta bertajuk kebijakan pemerintah dalam mengangkat direktur utama Badan-badan Usaha Milik Negara (BUMN) menghadirkan seorang pengamat kebijakan pemerintah, anggota DPR dan anggota Komisi Pemberantasan Korupsi. Diskusi dimulai dari temuan pengamat kebijakan pemerintah. Ia mengungkapkan keheranannya tentang masih banyaknya para direktur BUMN yang melakukan tindakan-tindakan penyalahgunaan wewenang, dalam hal ini prilaku korup, “Bayangkan, rata-rata gaji mereka itu 600 juta per bulan, belum termasuk tunjangan-tunjangan lainnya. Sepuluh kali lipat dari gaji seorang presiden! Namun, mengapa mereka masih juga melakukan korupsi, apakah gaji tersebut tidak cukup menanggung kebutuhannya?”


Seorang panelis mengungkapkan argumennya, “Masalah cukup atau tidak itu relatif! Menjadi sangat cukup, bahkan berlebih jika saja gaya hidup dan penggunaan uang itu dapat dilakukan dengan efektif, efisien dan bertanggungjawab. Tapi kan sebagaimana kita tahu, untuk memuluskan seseorang menduduki jawaban strategis perlu uang yang tidak sedikit! Demikian juga untuk memelihara posisinya dalam jabatan itu agar tidak “diganggu”, maka seseorang perlu anggaran banyak. Belum lagi gaya hidup yang berubah, ditambah prilaku buruk yang menjurus kepada hedonisme, jadi teranglah bahwa gaji berapa pun tidak pernah mencukupi kebutuhannya. Akibatnya, ia akan “bermain” memanifulasi dan ujung-ujungnya melakukan tindakan korup!”  

Ketika seseorang dirasuki keserakahan, ia akan melakukan apa pun untuk mendapatkan uang dan kekayaan – dalam kenyataannya, benar uang dapat memberikan banyak hal. Ia akan menjadi orang yang sama sekali tidak peduli dengan rasa kemanusiaan. Kitab Amos banyak memberi gambaran tentang kebengisan, kekejaman, tipu daya orang kaya dan para penguasa yang memeras rakyat miskin jelata, “…supaya kita membeli orang lemah karena uang dan orang yang miskin karena sepasang kasut; dan menjual terigu rosokan?” (Amos 8:6). Sepanjang peradaban manusia, si miskin dan si lemah memainkan peran “obyek penderita”, dimanfaatkan dan ditindas demi ketamakan dan rasa aman semu penguasa dan orang kaya.

Ketika seseorang menempatkan uang dan kekayaan sebagai sumber rasa aman, kekuasaan, dan kebahagiaan, saat itulah uang dan kekayaan telah menjadi Mamon dengan huruf “M” besar. Di sinilah Mamon sudah dijadikan dewa dan menggeser posisi Allah dalam hidup seseorang. Bisa saja seseorang tampak beribadah, berkata-kata banyak tentang TUHAN, namuan ketika segala seuatu dinilainya dengan uang dan uang serta kemakmuran yang menjadi tujuan hidupnya, maka di hatinya tidak ada lagi tempat paling mulia yang disediakan buat Allah. Sebab, apa lagi peran Allah dalam hidupnya kalau dengan uang yang banyak, dan harta yang melimpah, ia sudah merasa aman, nyaman dan tentram? Oleh karena itu, Yesus mengingatkan dengan tegas,”…Kamu tidak dapat mengabdi kepada Allah dan kepada Mamon.” (Lukas 16:13)

Apa sebenarnya Mamon itu? Ini serapan dari kata Aram mamona, yang secara harafiah berarti “kekayaan” atau “keuntungan”. Memiliki kekayaan atau punya keuntungan mestinya bukan hal buruk. Namun, karena sifatnya begitu menggoda sehingga membuat orang mencarinya dengan menghalalkan segala cara bahkan melupakan Tuhan, di situlah kekayaan telah menjadi Mamon dengan “M” besar.

Sebelum Yesus mengingatkan “Kamu tidak dapat mengabdi kepada Allah dan kepada Mamon”, terlebih dulu Ia memberikan sebuah perumpamaan tentang Bendahara yang tidak jujur (Lukas 16:1-9) Inti pesan yang hendak disampaikan adalah bahwa dalam waktu yang singkat, manusia harus segera memutuskan sikapnya; menerima Kabar Baik atau tidak. 
Perumpamaan tentang bendahara yang tidak jujur ini sering menimbulkan kontroversi dan kesulitan; mengapa dalam cerita ini, seorang bendahara, yang nyata-nyata korup, memboroskan harta milik majikannya mendapatkan pujian? Benarkah sang majikan memuji ketidakjujuran bendaharanya itu? Kisah perumpamaan ini adalah kisah contoh. Contoh yang bisa saja terjadi dalam masyarakat Yahudi tentang bagaimana seorang bendahara yang karena tindakan korupnya harus menghadapi ancaman, dipecat. Jadi, ia hanya punya sedikit saja waktu bertindak untuk mengamankan masa depannya. Ia menyadari, “Mencangkul aku tidak dapat, mengemis aku malu.” (Lukas 16:3). Dalam posisi terjepit itulah ia segera menggunakan sisa jabatannya untuk “berbuat baik”. Ia memanggil orang-orang yang berhutang terhadap tuannya dan meminta si penghutang itu mengubah surat-surat hutang mereka sehingga mengalami pemotongan hutang yang signifikan. Tentu hal ini membuat hati mereka gembira dan memandang bahwa si bendahara ini begitu sangat baik.

Apa yang dilakukan si bendahara merupakan semacam investasi buat masa depannya, “…supaya apabila aku dipecat dari jabatanku sebagai bendahara, ada orang yang akan menampung aku di rumah mereka.” (Luk. 16:4) pikirnya. Tentu tindakannya mempunyai resiko ketika diketahui oleh tuannya. Bisa saja sang tuan memanggil para penghutang yang telah memanifulasi surat hutang mereka dan kemudian meniadakan potongan lalu melaporkan mereka untuk dijebloskan ke penjara. Namun, bisa jadi sang tuan tidak berkata apa-apa karena ia sendiri sering membebani mereka dengan bunga yang berlipat ganda untuk pembayaran hutang-hutang itu. Rupanya sang tuan dalam cerita ini memilih sikap mendiamkan. Ia tidak menuntut apalagi memerkarakan manifulasi itu. Sebagai orang yang terbiasa hidup dalam dunia bisnis, sang tuan tidak mau membantu bendahara lagi, tatapi ia menyatakan rasa kagumnya terhadap pegawainya itu. Ia tahu bahwa si bendahara itu memanfaatkan kebaikannya, dan nyatanya berhasil.  Bendahara itu berlaku cerdik, artinya menuruti nalurinya untuk mengamankan mas depannya.

Yesus menyimpulkan begitulah kecerdikan anak-anak dunia ini (ay.8). Mengapa Yesus tidak mencela kecerdikan bendahara nakal itu? Sebab, bukan kisah moral dalam hal ini yang hendak Yesus ajarkan. Ini sama halnya dengan tragedi yang dialami orang-orang Galilea yang darahnya dicampur Pilatus dengan darah hewan korban (Luk.13:1), Yesus tidak mencela kebrutalan Pilatus. Namun, laporan ini dijadikannya pelajaran agar para murid hidup dalam pertobatan.

Orang yang berada dalam keadaan kritis – dalam hal ini bendahara nakal itu – akan mencari jalan keluar untuk menyelamatkan dirinya. Tidak jarang orang dalam keadaan kritis akan panik dan melakukan tindakan brunder. Namun, si bendahara itu bertindak cekatan, kritis dibuatnya menjadi peluang agar ia dipandang baik dan diterima apabila ia sudah di-PHK. Kecekatan inilah yang menjadi pesan dalam perumpamaan ini. Mestinya, para pengikut Yesus lebih cekatan lagi dalam memikirkan dan berjuang agar dalam waktu yang singkat dapat menyiapkan kehidupan di masa depan, yakni kehidupan kekal.

Dengan cara apa kita menyiapkan kehidupan kekal itu? Dalam konteks perumpamaan bendahara yang tidak jujur dan ajaran Yesus tentang peringatan untuk tidak mengabdi kepada Mamon, maka kita dapat merenungkannya bagaimana sikap kita terhadap uang dan kekayaan. Dalam tradisi Yahudi, seorang bendahara yang setia adalah adalah orang yang secara teratur membagikan jatah sedekah kepada para teman-temannya, sedangkan orang yang tidak setia mengumpulkan dan menggenggam untuk dirinya sendiri. Kekayaan yang dimiliki seseorang haruslah dipergunakan juga untuk mereka yang membutuhkan. Kekayaan itu tidak boleh digunakan hanya untuk pamer dan kesenangan sendiri. Cara jujur seseorang dalam mempertanggungjawabkan harta kekayaannya adalah dengan membuat orang-orang miskin di sekitar kehidupannya dapat menikmatinya. Sebab Allah memberikan – atau lebih tepatnya menitipkan – harta kepada setiap orang  di dalamnya juga terkandnung pemahaman agar dengan harta itu orang-orang miskin dapat menikmatinya. Bukan sebaliknya, menindas si miskin demi memerkaya diri sendiri.
Ingatlah, tujuan hidup orang percaya bukan harta benda itu melainkan Kerajaan Allah. Jadi perlakukanlah harta benda itu dengan semestinya: mereka adalah alat, bukan tujuan. Alat yang juga berfungsi untuk mewujudkan kerajaan Allah kini dan di sini.

Jakarta, 16 September 2016

Tidak ada komentar:

Posting Komentar