Jumat, 13 November 2015

MENGHADAP ALLAH DENGAN HATI TULUS

“Karena itu marilah kita menghadap Allah dengan hati yang tulus iklas dan keyakinan iman yang teguh,… (Ibrani 10:22). Siapa pun yang membaca bagian ayat ini akan menyimpulkan bahwa ini adalah kalimat ajakan. Marilah kita menghadap Allah… William Barclay mengartikannya, janganlah lupa berbakti. Tentu ada alasan mengapa kita harus menghadap dan berbakti kepada Allah. Setelah panjang lebar – dengan memakai – terminologi keimaman dalam Perjanjian Lama, khususnya Kitab Imamat, penulis Surat Ibrani mempunyai keyakinan iman bahwa Yesuslah Sang Imam Besar, jalan yang hidup menuju kepada ke hadirat Allah. Kita datang menghampiri Allah melalui tabir, yaitu tubuh Kristus.

Dahulu, di tempat Mahakudus dalam Bait Suci terdapat tabir untuk menutupi dan membatasi ruang kehadiran Allah. Kalau ada seorang imam besar masuk dan “menghampiri Allah, maka tabir itu harus disingkapkan. Kini, dalam keyakinan iman Ibrani, Tubuh Tuhan Yesus adalah adalah tabir yang menutupi keilahian-Nya. Barulah ketika Tubuh itu dikoyakkan di kayu salib manusia sungguh-sungguh dapat melihat Allah. Sebenarnya, segenap kehidupan Yesus pun adalah wujud kasat mata dari karakter Allah sendiri. Allah yang abstrak kini nyata terlihat dalam diri Yesus. Hal ini pernah dinyatakan Yesus sendiri ketika Filipus menanyakan eksistensi Bapa kepada-Nya. “…Barangsiapa telah melihat Aku, ia telah melihat Bapa; bagaimana engkau berkata: Tunjukkanlah Bapa itu kepada kami.” (Yohanes 14:9). Namun, baru ketika tubuh Yesus dikoyakkan di kayu salib manusia sungguh-sungguh dapat melihat Allah. Artinya, segenap pelayanan dan kehidupan Yesus menjadi paripurna sebagai Imam Besar dengan mengorbankan diri-Nya di kayu salib. Sehingga dengan demikian sudah tidak ada lagi tirai, sekat atau pemisah. Kini, manusia diampuni dosanya oleh Darah Anak Domba itu satu kali untuk selama-lamanya. Melihat pengorbanan Sang Imam Besar itu, maka kini penulis surat Ibrani merasa cukup untuk memaparkan “teoritis dokmatis”, kini sebuah alasan logis mengajak umat, termasuk kita, “Marilah kita menghadap Allah…”

Ibrani tidak menghendaki korban basa-basi terulang kembali. Maka ia mengingatkan untuk menghadap Allah itu dengan hati yang tulus iklas. Tampaknya sudah lama TUHAN tidak suka dengan ibadah basa-basi. Tengok saja pada zaman Amos. Dengan tegas TUHAN menolak ritual ibadah meskipun tampaknya dipersiapkan dalam waktu yang tepat dan dengan kemeriahan (Amos 5:21-27). Hati yang tulus iklas adalah cerminan niat yang baik yang semata-mata mau mengabdikan diri kepada Allah yang telah mengampuni dan menyucikan dari segala dosa. Jadi, menghadap atau beribadah kepada Allah merupakan ungkapan syukur atas kasih-Nya yang besar itu; ibadah bukan sebuah cara “menyuap” Allah. Inilah konsep mendasar yang menjadi keunikkan dari orang Kristen.

Dalam sebuah dokumen Kristen mula-mula yang dikenal sebagai Surat Kepada Diognetus (120-200 M), penulis memberi respons atas propoganda yang dilancarkan oleh Kekaisaran Roma pada waktu itu. Banyak orang menebar isu miring mengenai kehidupan dan praktek ibadah orang Kristen. Mereka dianggap sebagai komunitas rahasia yang berbahaya dengan praktik-praktik aneh. Banyak orang menyampaikan hal negatif mengenai orang Kristen, seperti misalnya mereka dituduh kanibal (karena dalam Perjamuan Kudus mereka “makan tubuh dan minum darah Kristus”). Surat ini dipercaya ditulis oleh seseorang bernama Athenagoras. Dalam salah satu bagian, penulis menggambarkan perbedaan orang Kristen dengan orang-orang lainnya.
               
                    ``Perbedaan antara orang Kristen dengan manusia lainnya tidak terletak pada nasionalitas, bahasa atau budaya. Orang Kristen tidak tinggal di kota mereka sendiri, bicara dalam dialek khusus, atau menjalankan gaya hidup yang eksentrik…Mereka menjalankan hidup di kota manapun – baik Yunani maupun asing – di manapun mereka berada. Mereka memakai baju yang sama dengan orang lain, makan makanan yang sama, dan melakukan hal-hal yang sama. Biarpun begitu, komunitas orang Kristen memang menunjukkan keunikkan yang sangat kentara, bahkan mencengangkan. Sebagai contoh, biarpun mereka adalah penghuni rumah sendiri, di negeri sendiri, sikap mereka seperti seorang tamu…Biarpun nasib telah menempatkan mereka di sini dalam tubuh daging manusia, namun mereka tidak hidup dalam kedagingan, hari-hari mereka lalui di bumi, namun mereka adalah penghuni sorga (menurut penafsiran Ibrani, karena Yesus Kristus, Sang Imam Besar itu telah menghantarnya memasuki ruang kudus yang bukan buatan tangan manusia –red).

                    Mereka mematuhi hukum yang berlaku, namun dalam kehidupan pribadi, mereka hidup melampaui hukum itu. Mereka menunjukkan kasih kepada semua orang – biarpun semua orang menganiaya mereka. Mereka disalahmengerti dan dianiaya; namun sekalipun sekarat, mereka semakin dekat dengan kehidupan. Mereka miskin namun kaya; kekurangan namun berkelimpahan… Mereka membalas kutuk dengan berkat, dan aniaya dengan kesopanan. Atas kebaikan yang mereka lakukan, mereka dihukum seperti pendosa.”

Surat kepada Diognetus saya kira merupakan cerminan keyakinan iman kepada karya keselamatan di dalam Kristus. Hidup, bekerja dan beribadah dengan wajar seperti orang kebanyakan. Namun, tidak dapat disangkal ibadah dan spiritualitas mereka sehari-hari membedakan mereka dari orang lain. Nah, apakah iman percaya kita kepada Yesus Kristus menolong kita juga pada masa kini dan di sini untuk beribadah dengan tulus iklas kepada-Nya seperti gambaran kehidupan dan kesetiaan orang-orang Kristen mula-mula. Ataukah malah sudah kembali menjadi kaku, beku, formal yang penuh basa-basi?

Dalam argumen penjelasan doktrinal, penulis Ibrani menguatkan dan mengajak para pembacanya untuk terus berpegang pada imannya. Di samping itu sebagai buah iman, Ibrani mengajak agar sesama pengikut Tuhan saling menguatkan dan membantu. “Dan marilah kita saling memperhatikan supaya kita saling mendorong dalam kasih dan dalam pekerjaan baik” (Ibrani 10:24). Betapapun mungkin sederhananya status dan kemampuan kita, kita dapat berperan-serta dalam meneguhkan iman sesama kita.

Suatu ketika, Corrie ten Boom melayani di Jepang. Setelah usai ibadah malam ia mengeluh dengan hidangan masakan yang tidak cocok dengan seleranya. Ia sangat lelah dan perutnya tidak biasa dengan makanan asing. Dalam benaknya, ia membayangkan betapa lezatnya makanan Eropa.

Pada kebaktian malam itu, Corrie melihat seorang pria yang sedikit bungkuk di kursi roda. Wajahnya memancarkan ekspresi paling bahagia yang bisa ia bayangkan. Setelah beribadah, seorang penerjemah memperkenalkan orang itu kepadanya. Saat itu Corrie bertanya tentang beberapa bungkusan paket kecil yang dibalut kertas cokelat dan diikat dengan tali dipangkuannya. Ia menjelaskan, “Ini adalah Injil Yohanes, ditulis dalam huruf Braille. Saya baru saja menyelesaikannya.” Ia terus menjelaskan bahwa ini kali kelima belas ia telah menulis Injil Yohanes dalam huruf Braille. Ia juga menulis kitab lain dari Injil serta beberapa bagian Alkitab yang lebih pendek untuk orang buta.

“Bagaimana engkau sampai melakukan hal ini?” tanya Corrie.

Pria itu melanjutkan dengan menceritakan seorang perempuan yang melakukan perjalanan dari desa ke desa  dengan membawa dan menyebarkan Alkitab serta buku-buku Kristen lainnya. “Perempuan itu kini sakit keras, ia terserang tuberkolosis”, ia menjelaskan, “tapi ia berpergian setiap minggu sampai ke enam belas desa, meskipun ia akan segera meninggal.”

‘Ketika mendengar hal itu,” lanjutnya, “Saya bertanya kepada Tuhan tentang hal apa yang bisa saya lakukan untuk membantunya. Meskipun kaki saya lumpuh, dan tidak bisa meninggalkan kursi roda ini, dalam banyak hal, saya lebih sehat dari padanya. Tuhan menunjukkan kepada saya bahwa melalui tangan yang gemetar dan kaki saya yang lumpuh, saya bisa menjadi tangannya dan ia menjadi kaki saya. Saya menulis halaman-halaman Braille dan ia mengambil Alkitab berkeliling dari desa ke desa, serta memberikan itu semua kepada orang-orang buta, yang ketinggalan begitu banyak dalam pelbagai hal karena mereka tidak dapat melihat.”

Malam itu Corrie meninggalkan gereja penuh dengan rasa malu. “Inilah aku,” ia kemudian membeberkan, “dengan dua kaki yang sehat untuk berpegian ke seluruh dunia, dan dua paru-paru yang sehat, dan sepasang mata yang bagus, mengeluh karena aku tidak suka makanannya!” Bagaimana dengan kita? Masihkah terus mengeluh? Adakah tangan, kaki, paru-paru, mata dan  seluruh panca indera sudah kita gunakan untuk beribadah kepada-Nya dengan menjadi berkat bagi sesama?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar