Kamis, 17 Juli 2025

KERAMAHAN, BUKAN KEMARAHAN

Ada kesamaan, namun banyak juga perbedaan di antara dua orang perempuan yang sama-sama menyambut kedatangan tamu mereka. Keduanya sibuk di dapur mengolah hidangan untuk tamu mereka. Bedanya, perempuan yang lebih tua diminta oleh suaminya untuk mengolah tepung menjadi tiga buah roti bundar. Sementara perempuan yang lainnya - atas    inisiatif sendiri - mengolah makanan untuk dihidangkan bagi tamu mereka. Mereka sama-sama kedatangan tamu istimewa, tamu Ilahi! Di penghujung episode; yang satu tertawa, atau lebih tepatnya menertawakan perkataan tamu Ilahi itu dan perempuan yang lainnya marah-marah terhadap saudara perempuannya!

 

Baik Sara, maupun Marta hidup dalam budaya Timur yang kental dengan keramahan. Keramahan yang tumbuh subur tercermin dalam memperlakukan tamu dengan baik. Sebab, tamu adalah isyarat bahwa yang Ilahi berkenan memberi kabar baik. Berkat! Ada semacam kode etik yang tidak tertulis bahwa, tuan rumah akan menyediakan apa saja yang terbaik. Mulai dari sambutan berupa salam, ajakan untuk singgah, hidanganistimewa, sampai tempat bernaung dan keselamatan sang tamu menjadi jaminan dari tuan rumah. Sebaliknya, sang tamu yang hadir itu akan memberi kabar baik dan memberkati tuan rumah. Benar, ini terkesan transaksi. Artinya, seperti orang berdagang: Saya memberikan sesuatu supaya saya mendapatkan yang terbaik, yakni berkat! Namun, mestinya tidak harus selalu transaksi. Keramahan sejatinya adalah jalan terbaik untuk menjalin relasi.

 

Keramahan kerap dimanipulasi untuk menjadi alat transaksi. Artinya, melalui tindakan ramah seseorang mempunyai tujuan untuk mendapat kredit tertentu. Bahkan di ujung ekstrimnya, keramahan dapat dipakai sebagai alat untuk menipu dan memperdaya orang lain. Sudah tak terhitung banyaknya orang terlena dengan sikap ramah yang akhirnya tenggelam dalam bujuk rayu. Ketika sadar, sudah terlanjur banyak mengalami kerugian. Atau, kita yang tulus dan ramah, orang lain memanfaatkannya!

 

Keramahan sejatinya datang dari ketulusan hati, tidak untuk bertransaksi apalagi menjadi alat menipu orang lain. Keramahan merupakan sarana membangun relasi luhur yang membuahkan kehangatan, empati, rasa percaya, dan tentunya membuahkan rasa saling memiliki, menjadi bagian satu dengan yang lainnya. 

 

Marta mempunyai caranya sendiri dalam menyambut kehadiran tamu, apalagi tamu istimewa! Keramahannya ditunjukkan dengan menyiapkan hidangan agar para tamu yang sedang dalam perjalanan menuju Yerusalem itu tetap bugar dalam stamina yang baik. Bisa juga Marta melakukannya sebagai sebuah ungkapan syukur dan hormat. Apa pun itu, ada sesuatu yang mendorongnya. Marta mempunyai cara terbaik menurut versinya untuk menampilkan keramahan. Sayangnya, versi terbaik ini menuntut orang lain, dalam hal ini saudara perempuannya untuk melakukan hal yang sama. Perhatikan, Marta punya konsep sendiri tentang keramahan. Ketika, orang lain tidak sesuai dengan idealismenya, yang terjadi keramahan itu berubah menjadi kemarahan. Ia marah terhadap saudara perempuannya. Dalam kemarahannya, Marta mengajak Yesus dalam tarian amarah itu dengan cara meminta-Nya untuk menegur Maria. Kemarahan Marta sebenarnya bukan berasal dari orang lain, bukan dari Maria yang sedang bersimpuh di kaki Yesus. Namun, dari idealisme yang dia ciptakan sendiri!

 

Kejengkelan, kekecewaan, kemarahan dan sakit hati pertama-tama bukan berasal dari orang atau pihak lain. Ini diciptakan oleh kita sendiri. Bukankah keramahan yang berubah menjadi kemarahan itu berasal dari keinginan kita yang tidak tercapai, dan untuk itu kita menuntut orang lain mengerti tentang diri kita? Kalau mau jujur dengan diri sendiri, kita dapat bertanya, “Apakah yang aku lakukan ini benar-benar keramahan? Ataukah aku sedang memakai topeng keramahan itu untuk tujuan validasi diri? Ya, di sadari atau tidak, banyak orang yang lapar validasi, dan untuk mengenyangkannya perlu tindakan kesalehan, salah satunya adalah keramahan!

 

Sayang, Yesus enggan mengikuti tarian Marta, alih-alih mengoyak tirai keramahan yang dipinjam Marta dalam tradisi di kampungnya itu, seraya berujar: “Marta, Marta, engkau khawatir dan menyusahkan diri dengan banyak hal, tetapi hanya satu saja yang perlu: Maria telah memilih bagian terbaik yang tidak akan diambil dari dia” (Lukas 10:42). Jelas, Marta tidak mengharapkan jawaban seperti itu!

 

Injil Lukas sering mengungkap narasi tentang ketakutan dan kekhawatiran. Ini tidak boleh dibiarkan berkembang dalam hati para pengikut Yesus. Kita bisa terhimpit oleh pelbagai kekhawatiran. Khawatir tentang makanan, minuman, pakaian; khawatir tidak diakui dan dihargai orang lain, khawatir ditolak dan dicampakkan. Tahukah dampaknya? Ya, seperti benih yang terhimpit oleh bebatuan, sabda Tuhan tidak akan menghasilkan buah! Bukankah sebelum singgah di rumah Marta dan Maria, Yesus memanggil dan mengutus tujuh puluh murid-Nya. Masih ingat pesan-Nya kepada mereka? Mereka diminta untuk tidak mengkhawatirkan tentang apa yang akan mereka makan dan pakai; tentang diterima dan ditolak! Yang diperlukan dan hal itu sudah dilakukan oleh Maria – ini yang dicela oleh Marta – ialah mendengarkan perkataan sambil duduk di dekat Yesus.

 

Maria sama sekali tidak merasa repot. Maria juga tidak mengharapkan validasi pujian. Ia hanya pendengar yang baik. Jarang sekali orang mengucapkan pujian kepada orang yang duduk diam mendengarkan. Sebaliknya, banyak orang bisa berdecak kagum ketika melihat kesibukan seseorang melakukan ini dan itu. Tidak ada salahnya orang sibuk mengerjakan ini dan itu dalam pelayanan, sebab ketika tidak ada orang yang mengerjakannya semua tampak mati. Tidak ada denyut pelayanan. Namun, hal ini menjadi sumber konflik apabila diniatkan untuk mencari validasi dan merasa paling benar!

 

Seperti Abraham yang menyimak dengan baik berita gembira dari tamunya tentang janji keturunan itu, demikian juga Maria. Maria menyimak, memberikan telinga dan hatinya untuk setiap perkataan Yesus. Inilah bentuk keramahan yang paling sederhana. Tidak usah merepotkan diri dengan perkara-perkara yang akhirnya tidak perlu. Tindakan keramahan seperti ini justru akan menangkap pesan dengan baik, bukan marah-marah atau menertawakan. Kita bisa menjadi seperti Sara, tidak menyimak dan mengintip di balik tirai, nguping pembicaraan dan akhirnya tidak menangkap kebenaran, lalu menertawakan pesan yang berharga itu. Jelas, ini bukan keramahan tetapi lelucon yang tidak pada tempatnya!

 

Mulailah berlatih keramahan bukan dengan cara merepotkan diri melalui macam-macam kesibukan. Sederhana, pasang kedua telinga kita untuk suami, istri, anak, orang tua, atau siapa saja lawan bicara kita. Hadirlah penuh, simak dan jangan memotong pembicaraan. Perhatikan dengan baik isi pesan yang disampaikan – jangan sibuk dengan ponsel – berilah tanggapan antusias yang tidak dibuat-buat. Inilah cara kita menghadirkan keramahan. Bukankah hadir, mendengar, menyimak, merespons dengan antusias adalah perkara yang sederhana tetapi bernilai cinta yang besar!

 

Jakarta, 17 Juli 2025. Minggu Biasa XVI Tahun C

  

Kamis, 10 Juli 2025

MENJADI SESAMA MANUSIA

Barangkali ada benarnya ungkapan ini, “Dalam bencana akan tampil pahlawan dan penjarah. Meski tidak selalu begitu, namun ini fenomena yang sering terjadi dalam peristiwa bencana, selain ada korban yang menderita, ada dua reaksi yang muncul dalam masyarakat. Pertama, orang-orang yang menunjukkan keberanian, empatik, dan kepedulian mendalam terhadap korban. Mereka ini melakukan apa saja bahkan bertaruh nyawa untuk menolong dan menyelamatkan korbannya. Pahlawan! Kelompok yang lain adalah: Penjarah, yakni: orang-orang yang memanfaatkan situasi bencana untuk keuntungan pribadi. Tidak harus diartikan secara harfiah: menjarah barang-barang pada saat kebakaran hebat, atau menjarah ketika truck kontainer kecelakaan, terbalik dan hancur, yang diselamatkan bukan awak truck tetapi isi dari kontainer itu. 

 

Menjarah bisa luas: Nebeng popularitas atas peristiwa tragis, memanfaatkan situasi untuk mengerek nama baik, sampai menyunat anggaran tanggap bencana. Ada bencana ada proyek! Disadari atau tidak, korban menjadi obyek. Ia bukan lagi subyek yang harus didengar, dimengerti, dan ditolong. Ia bukan lagi sesama! Penjarah bisa tampil memakai topeng lembaga sosial atau pun agama. Atas nama altruisme dan kesalehan, ayat, dalil, teori menjadi pemoles agar topeng itu kelihatan anggun dan cantik. Sementara, moralitas luhur yang terkandung di dalam ayat-ayat suci itu diparkir dulu!

 

Yesus mengusik topeng kesalehan itu. Ia menyeruak sampai lubuk hati terdalam. Kisah perumpamaan orang Samaria yang baik hati seakan menampar keras para pemuka agama yang berlindung di balik ayat suci. Perumpamaan klasik ini diceritakan setelah diskusi antara Yesus dengan seorang ahli Taurat. Tepatnya untuk menjawab pertanyaan, “Apa yang harus kuperbuat untuk memperoleh hidup yang kekal?” (Lukas 10:25). Yesus meminta penanya itu mengingat apa yang tertulis dalam hukum Taurat. Seorang ahli Taurat tentu tahu percis, yakni : Mengasihi Tuhan Allah dengan segenap hati, jiwa, kekuatan, dan akal budi. Dan, mengasihi sesama seperti diri sendiri. Ahli Taurat itu tahu jawabannya, tetapi mengapa ia bertanya? Ya, jelas ini adalah pertanyaan penguji. Ia tidak sungguh-sungguh ingin belajar, maka ia mencari-cari celah dengan pertanyaan selanjutnya, yakni tentang siapakah sesama manusia itu.

 

Kisah itu menampilkan seorang korban perampokan yang sedang sekarat di jalan menurun dari Yerusalem ke Yerikho. Mula-mula ada seorang imam yang melewati korban itu. Alih-alih menolong, sang imam memilih berjalan di seberang jalan. Lewat lagi seorang Lewi. Lewi adalah keturunan Harun yang harus menjaga kekudusan sebab mereka ditugasi untuk merawat ritus dan kultus Bait Allah.

 

Para imam dan anak-anak Harus harus menjaga kekudusan mereka (Imamat 21-24). Perintah pertama tentang memelihara kekudusan, yakni: tidak seorang pun boleh menajiskan dirinya karena orang mati di antara saudara-saudaranya, kecuali saudara-saudaranya terdekat. (Imamat 21:1,2). Maksud perintah ini jelas, yaitu untuk memastikan kekudusan para imam pada waktu mereka melayani di Bait Suci, lebih tepat lagi di area tepat di Ruang Mahakudus itu sendiri (Imamat 21:21-23). Namun, kisah yang disampaikan Yesus sendiri terjadi bukan di Ruang Mahakudus. Imam dan orang Lewi juga tidak sedang berjalan menuju ke Yerusalem di mana Bait Suci itu berada. Ini terjadi di jalan turun dari Yerusalem ke Yerikho. Artinya, mereka usai menjalankan ritual di kultus Bait Suci itu. Sehingga, kendati pun mereka adalah orang-orang yang diwajibkan memelihara kekudusan badaniah, pada peristiwa itu tidaklah dalam kondisi wajib kudus! 

 

Dalam peristiwa ini, baik imam maupun orang Lewi tidak ada alasan untuk mengabaikan korban yang sekarat itu. Sekalipun mereka beranggapan bahwa korban itu telah mati. Namun, mereka memilih untuk tidak berbuat apa pun terhadap korban! Sebaliknya tidak dengan orang ketiga yang lewat, yakni seorang Samaria. Orang Israel terbiasa mendengar urut-urutan seperti ini : Imam, orang Lewi, dan orang-orang Israel. Ini berkaitan dengan strata sosial tentang kekudusan yang mereka kenal. Bisa saja para pendengar kisah perumpamaan ini yang sebagian besar adalah rakyat jelata Israel berharap, “mungkin orang ketiga yang tampil sebagai penolong dari korban yang sekarat itu adalah dari kalangan mereka, yakni orang Israel!

 

Sialnya, Yesus tidak memakai orang Israel, alih-alih seorang Samaria! Ya, Samaria yang oleh strata kesalehan mereka tidak ada dalam hitungan. Mereka dipandang merupakan bagian dari bangsa kafir yang tidak menjaga hukum-hukum Allah dengan ketat. Mereka lebih tepat dikelompokkan pada bangsa kafir! Orang Samaria dianggap sebagai keturunan orang-orang yang melakukan penyembahan berhala setelah bangsa Asyur menaklukkan kerajaan utara (2 Raja-raja 17:5-6). Lagi-lagi ini tamparan keras pada topeng kesalehan bangsa yang ekslusif yang memandang sesama adalah dari kalangan mereka sendiri. Samaria yang sering dicibir kini menjadi figur yang mewujudkan belarasa Allah. Ya, barangkali karena Si Samaria itu tidak mengenal hukum kekudusan badani, andai pun korban itu telah jadi mayat, tidak ada risiko baginya untuk melanggar kekudusan itu. Sepertinya benar, orang-orang yang merasa diri kudus, bersih justru enggan mengulurkan tangan mereka, takut najis!

 

Sepertinya yang bukan itu, pasti ada dorongan kuat dalam batin Si Samaria ini sehingga ia mau mengulurkan tangannya, membalut luka-lukanya, menyirami dengan minyak dan anggur, kemudian menaikkannya ke atas keledai tunggangannya sendiri, lalu membawanya ke tempat penginapan. Di sana ia merawatnya. Tidak sampai di situ, ia menyerahkan dua dinar kepada pemilik penginapan sebagai jaminan untuk merawat si korban dan jika kurang ia akan menggantinya ketika kembali. Pahlawan!

 

Apa yang menggerakkan hati Si Samaria ini? Belas kasihan! Walaupun ia hidup di tengah bangsa yang tidak ketat memelihara hukum. Namun benar seperti yang tertulis dalam kitab Musa bahwa hukum itu bukan berada di langit atau di seberang lautan, “Tetapi firman ini sangat dekat kepadamu, yakni di dalam mulutmu dan di dalam hatimu, untuk dilakukan.” (Ulangan 30:14). Samaria telah membuka moralitas hukum yang telah tertutup oleh legalisme formal dan dijadikan topeng dan tameng untuk menahan kebajikan.

 

Siapakah sesama manusia? Barangkali pertanyaan ini tertuju kepada kita juga. Bukankah kita juga terampil menggunakan topeng-topeng kesalehan? Tahu dengan jelas apa yang Tuhan mau kita perbuat, tetapi alasan-alasan yang terkesan rasional dipakai sebagai benteng untuk tidak melakukan tindakan kasih. Atau lebih mengerikan lagi kita bisa tampil sebagai penjarah dalam kemalangan orang lain. Sibuk mencari celah untuk mendapat kredit di tengah penderitaan orang lain. Atas nama kemiskinan melakukan propaganda ini dan itu. Pertanyaannya, apakah itu berangkat dari hati yang berbelaskasih seperti orang Samaria itu?

 

Jakarta, 10 Juli 2025 Minggu Biasa XV Tahun C